Perpustakaan Kuno Tanoh Abee, Simpan Ribuan Manuskrip Islam Sejak Era Iskandar Muda


Inilah perpustakaan kuno Tanoh Abee, yang berada di Kabupaten Seulimeum Aceh Besar, sekitar satu jam perjalanan dari kota Banda Aceh. Di perpustakaan berusia 400 tahun ini banyak tersimpan manuskrip tentang Islam dari abad ke-16 hingga 19. Terdapat sekitar 3.000 naskah kuno yang masih utuh. Mulai dari kitab klasik karangan ulama Nuruddin Ar-Raniry, Hamzah Fansury, Teungku Syiah Kuala, sampai kepada surat dari kekhalifahan Turki Utsmani kepada Sultan Iskandar Muda.

Perpustakaan ini berada di Dayah (pesantren) Tanoh Abee milik Teungku Chik Tanoh Abee. Sejarah pendirian Dayah ini sudah dimulai pada zaman kerajaan Aceh dipimpin oleh Sultan Iskandar Muda (1607-1636 M). Seorang ulama dari Baghdad bernama Syeikh Fairus Al-Baghdady datang berdakwah ke tanah Aceh bersama tujuh orang saudaranya dan mendirikan Dayah di kawasan Tanoh Abee.





Sejak itu secara turun temurun keturunan Syeikh Fairus meneruskan pengelolaan Dayah dan membuat perpustakaan dengan cara menterjemahkan kitab-kitab rujukan Islam ke dalam bahasa Jawi. Bahkan pada masa generasi ke-6, yaitu Syeikh Abdul Wahab yang dikenal dengan Teungku Chik Tanoh Abee, bercita-cita memiliki perpustakaan terbesar dan jadi rujukan di Asia Tenggara.

Generasi ke-9, Abu Dahlan Al-Fairusy Al-Baghdady wafat pada tahun 2006 yang lalu. Menurut ummi, istri Abu Dahlan kepada kontributor bersamaislam.com, tidak semua kitab kuno dirawat dan dipelihara sesuai wasiat dari Abu. Bahkan banyak kitab-kitab terdahulu yang ikut dikubur karena dikawatirkan isinya tidak sanggup dicerna tanpa bimbingan yang baik.

Selepas meninggalnya Abu Dahlan, kegiatan di Dayah Teungku Chiek Tanoh Abee ini terhenti sampai sekarang. Hanya ummi yang masih rutin memberikan pengajian untuk ibu-ibu di rumah beliau.



(Saiful Aceh/Ahmad Yasin/bersamaislam.com)
Share on Google Plus

About http://komunikasipost.blogspot.com/

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment