BUMN Hibahkan Rp 3,3 Miliar Untuk Provinsi Aceh




Banda Aceh - Dari jumlah itu, sebanyak  hampir Rp 2 milliar di antaranya disumbangkan oleh BUMN Perum Jamkrindo. Bersama dengan Komando Daerah Militer (Kodam) Iskandar Muda, serta melibatkan organisasi kemasyarakat, LSM, dan pemerintah daerah setempat, bantuan diberikan dalam rangkaian menyambut HUT RI ke 70.

“Dipilih Aceh sebab kami ingin penyaluran bantuan tidak melulu terkonsentrasi di Jawa. Secara jangka panjang kami ingin kiprah BUMN juga mampu menjangkau daerah lain  termasuk Aceh. Semoga dengan bantuan ini, menjadi pemicu awal bagi kami untuk terus bisa bermitra bermasyarakat membangun bumi serambi mekkah,” kata Direktur Utama Perum Jamkrindo Diding S. Anwar (13/08/2015).

Mengambil tema “Hadir untuk negeri”, BUMN yang terlibat berharap dalam jangka panjang masyarakat Aceh bisa lebih maju dan sejahtera sehingga mampu berkiprah bagi pembangunan bangsa dalam bingkai ibu pertiwi.   Selain Perum Jamkrindo, BUMN yang bermitra dalam acara ini adalah Askrindo. Sementara BUMN lainnya turut berpartisipasi dalam mendukung kegiatan ini.

Acara kegiatan menyambut  HUT RI ke 70 ini sudah dimulai sejak 9 Agustus 2015 dengan digelarnya Pasar Murah yang digelar di lapangan Blang Padang Banda Aceh. Saat itu dari total  2058 paket,  yang sudah disalurkan  sebanyak 400 paket sembako dan juga telah disalurkan kepada para veteran sebanyak 100 paket.  Dan sisanya sebanyak 1558  akan dibagikan pada kegiatan pasar murah.

Dalam acara tersebut, paket sembako seharga Rp100 ribu yang dijual dengan harga hanya Rp30 ribu ludes habis dibeli  oleh masyarakat sekitar hanya dalam waktu satu jam.

Pangdam Iskandar Muda  (IM) Mayjen TNI Agus Kriswanto, sangat mengapresiasi kegiatan  BUMN tersebut. Ia menerangkan bahkan panitia sampai harus menambah 2000  paket sembako lagi. Tak hanya kegiatan pembagian sembako, Agus juga menyambut baik rangkaian kegiatan yang akan digelar Perum Jamkrindo bersama BUMN.

Di antaranya memberikan pelatihan dan bantuan kepada UMKM, pemberian bantuan fasilitas bagi 17 SMK, serta  penanaman masing-masing 1945 bibit mangrove  di tiga kota di Provinsi Aceh, Yakni Banda Aceh, Lhokseumawe, dan Meulaboh. 

Selain kegiatan di atas, BUMN juga menggelar  pasar murah, perbaikan fasilitas rumah para veteran sebanyak 45 rumah, jambanisasi, pemutaran film layar tancap, juga berpartisipasi dalam kegiatan  gerak jalan, karnaval mobil hias dan pencanangan gerakan BUMN Hadir untuk negeri di titik nol kilometer Sabang.

Brigjen TNI Rudy Polandi mengatakan bahwa khusus acara pemberian sembako berjalan lancar dengan animo sangat luar biasa dari masyarakat.  Apalagi di saat kebutuhan harga sembako yang cukup tinggi, “ Kami memberikan diskon sebesar 70 persen sehingga dari harga paket sembako Rp100 ribu, masyarakat hanya dibebani  biaya Rp30 ribu,” katanya.

Sementara  itu, Corporate Secretary Perum Jamkrindo, M Natsir Rahmadi mengatakan,  hasil penjualan paket sembako dari masyarakat, disumbangkan kembali kepada masyarakat. Total dana yang terhimpun yakni sebesar kurang lebih Rp 62 juta disumbangkan untuk pembangunan masjid. 

“Fasilitas sarana dan prasarana masjid terutama di Banda Aceh juga banyak yang masih membutuhkan bantuan.  Sebagai provinsi Serambi Mekah tentu kami berharap masjid di Aceh bisa lebih baik dan bersih sehingga nyaman digunakan untuk beribadah warganya,” tutup dia. []
Share on Google Plus

About http://komunikasipost.blogspot.com/

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment