Agar Hemat Baterai Laptop? Lakukan 8 Cara Ini


Setiap pengguna laptop pasti pernah mengalami masalah yang sama, yaitu baterai laptop yang cepat habis. Saat pertama kali membeli laptop mungkin baterai yang digunakan tidak akan cepat habis, namun lama kelamaan baterai laptop akan cepat habis karena seringnya pemakain. Berikut ini beberapa tips untuk baterai laptop Anda agar tidak cepat habis.
1. Bersihkan laptop secara berkala
Kebersihan laptop sering kali di abaikan oleh penggunannya, namun ternyata kebersihan laptop sangatlah penting. Hal ini seringkali membuat lubang ventilasi laptop tersumbat oleh debu. Tersumbatnya lubang ventilasi ini membuat laptop cepat panas dan memaksa fan (kipas) bekerja lebih keras. Tentu saja ini membuat baterai laptop Anda lebih cepat habis. Untuk menghindarinya, pastikan Anda rajin membersihkan laptop terutama di daerah lubang ventilasinya.
2. Turunkan pencahayaan layar
Kecerahan layar laptop memakan cukup banyak power baterai. Menurunkan brightness layar laptop walaupun satu atau dua level bisa membuat baterai laptop Anda lebih awet.
3. Hindari penggunakan CD/DVD
Penggunaan CD/DVD-ROM sangat menguras power baterai. Jika memang tidak dibutuhkan, sebaiknya Anda tidak menggunakan CD/DVD-ROM. Pastikan juga tidak ada CD/DVD yang tertinggal di dalam CD/DVD-ROM walaupun Anda tidak menggunakannya.
4. Gunakan sleep mode saat tidak digunakan
Alangkah baiknya jika laptop sedang tidak digunakan, Anda bisa menggunakan sleep mode saat mematikan laptop. Karena dalam keadaansleep mode, laptop menggunakan energi baterai yang sangat rendah. Semua file dan program yang sedang terbuka akan disimpan di memori sementara. Ketika Anda menyalakannya lagi, file dan program tersebut akan langsung siap untuk digunakan. Selain menghemat waktu, sleep mode juga bisa menghemat penggunaan baterai. Tetapi ingat, cara ini hanya efektif jika Anda berencana menggunakan laptop beberapa waktu setelah laptop dimatikan. Jika Anda ingin mematikan laptop dalam jangka waktu lama, gunakan menu shutdown seperti biasa atau hibenate.
5. Tutup aplikasi yang tidak penting
Seringkali kita membuka banyak aplikasi yang tidak kita gunakan. Mungkin ini terdengar sepele, mematikan program dan proses yang tidak perlu tersebut, bisa membantu mengurangi penggunaan baterai laptop secara signifikan.
6. Cabut perangkat USB
Ketika Anda menyalin file dari flashdisk atau hardisk ekternal, pastikan Anda mencabut perangkat USB yang sudah tidak dibutuhkan. Setiap perangkat USB membutuhkan power dan bisa membuat baterai laptop Anda cepat habis.
7. Gunakan fitur power saver
Fitur sangat berguna untuk menghemat baterai. Aturlah setiap fitur power-savings tersebut dan sesuaikan dengan kebutuhan Anda. Misalnya kapan layar akan diredupkan atau dimatikan, kapan hardisk akan dimatikan. Pengaturan yang tepat sesuai dengan kebutuhan bisa membuat baterai laptop menjadi lebih awet dan tahan lama.
8. Bersihkan baterai
Debu dan kotoran pada kutub baterai laptop, bisa mengurangi efektifitas dan efisiensi baterai. Bersihkan bagian logam kutub baterai dengan menggunakan kapas yang dibasahi dengan sedikit alkohol. []



(Islampos.com)
Share on Google Plus

About http://komunikasipost.blogspot.com/

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment